PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TPS

Wahyu Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika seswa kelas VIII C SMP Negeri 22 Purworejo tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi,  metode tes, dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar tes akhir siklus. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya duduk, diam, tatap dan hafal serta tidak berani bertanya ketika menjumpai kesulitan dalam belajar. Sedangkan siklus II siswa sudah aktif membuat rangkuman materi yang disampaikan oleh guru dan tanpa malu-malu bertanya saat menjumpai kesulitan. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa ditunjukkan pada siklus I siswa belum bisa menentukan contoh dan non contoh soal, serta tidak mampu menyelesaikan masalah secara algoritma. Sedangkan pada siklus II siswa sudah dapat menentukan contoh dan non contoh soal, serta siswa mampu menyelesaikan masalah secara algoritma. Keadaan ini ditunjukkan pada hasil persentase observasi aktivitas belajar pada siklus I 70,23% meningkat pada siklus II menjadi 76,73% dalam kategori baik. Ditunjukkan rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematika 68,80% pada siklus I meningkat pada siklus II dengan rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematika sebesar 75,80.

 

Kata kunci: aktivitas belajar, pemahaman konsep, TPS


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.