PENERAPAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORASTERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA

Ngarifin Ngarifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan koneksi matematika dan prestasi belajar matematika antara siswa yang dikenai pendekatan PMRI dan siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori pada materi Teorema Pythagoras siswa kelas VIII SMP N 2 Mirit tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling dengan sampel kelas VIII B dan kelas VIII C. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentas dan metode tes.Instrumen penelitian yang digunakan adalah metode tes untuk memperoleh data kemampuan koneksi matematika dan prestasi belajar matematika siswa. Analisis tahap akhir data menggunakan uji t multivariat. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh kesimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematika dan prestasi belajar matematika antara siswa yang dikenai pendekatan PMRI dan siswa yang dikenai pembelajaran ekspositori.

 

Kata kunci: PMRI, koneksi matematika, prestasi


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.