PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA)

Rohmatin Laeli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII F SMP N 12 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah penelitin tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar obeservasi kepercayaan diri siswa, lembar angket kepercayaan diri siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisi data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Siklus I persentase kepercayaan diri sebesar 73,02% dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah sebesar 56,25% dalam kategori kurang. Siklus II presentase kepercayaan diri meningkat menjadi 81,92% dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 78,12% dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran  metematika dengan mengunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII F SMP N 12 Purworejo 2016/2017.

Kata kunci: kepercayaan diri, pemecahan masalah, means-ends analysis (MEA)


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.