STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN GI DENGAN RTE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Setyo Pambudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: Dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar matematika siswa lebih baik dari pada kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Purworejo pada tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster rondom sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi dan menggunakan metode tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Analisis tahap akhir data menggunakan uji t multivariat. Dari hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa: kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar matematika  dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar matematika dengan model pembelajaran pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE).

 

Kata kunci: group investigation, rotating trio exchange,kemampuan berpikir tingkat tinggi, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.