PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII A MTs KHR ILYAS BULUSPESANTREN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs KHR Ilyas Buluspesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian pada siklus I persentase pemahaman konsep sebesar 69,23% dalam kategori cukup. Sedangkan prestasi belajar matematika sebesar 73,07% dalam kategori cukup dan siklus II persentase pemahaman konsep meningkat menjadi 76,92% dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II prestasi belajar matematika meningkat menjadi 80,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A MTs KHR Ilyas Buluspesanten 2016/2017.
Kata kunci: pemahaman konsep, prestasi belajar matematika, think-talk-write
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.