UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN TAMBAKREJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran inkuiri dan meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Tambakrejo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar matematika siswa pada siklus I sebesar 59,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 76,2%. Peningkatan keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,53%. Sedangkan hasil pemahaman siswa pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar 58,06% dan siswa yang tidak mencapai KKM sebesar 41,93% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 80,64% dan siswa yang tidak mencapai KKM turun menjadi 19,36%.
Kata Kunci: keaktifan belajar, strategi pembelajaran, inkuiri
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v2i1.404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.