HUBUNGAN FASILITAS BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara: fasilitas belajar, kemandirian belajar,dan konsep diri dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Karanganyar sebanyak 796 siswa.Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling dengan sampel sebanyak 96 siswa.Instrumen yang digunakan yaitu angketfasilitas belajar, angket kemandirian belajar, angket konsep diri, dan tes prestasi belajar matematika.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan tes, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan korelasi Product Moment dan Regresi.Hasil dalam penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan antara: fasilitas belajar terhadap prestasi belajar matematika, kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, konsep diri dengan prestasi belajar matematika, fasilitas belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, fasilitas belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika, kemandirian belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika, serta ada hubungan yang positif antara fasilitas belajar, kemandirian belajar, dan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika tetapi tidak signifikan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sekolah harus memperhatikan fasilitas belajar, seorang siswa harus mempunyai kemandirian belajar yang tinggi, dan seorang siswa harus mempunyai konsep diri yang baik agar prestasi belajar matematika dapat dicapai.
Kata kunci: fasilitas belajar, kemandirian belajar, konsep diri, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3908
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.