PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MASALAH UNTUK SISWA SMP

Sumaritoyo Ryananda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas modul berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan modul matematika berbasis realistik sebagai sumber belajar untuk siswa SMP Kelas VIIIG berjumlah 29 siswa, menggunakan model penelitian dan pengembangan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 26 Purworejo. Langkah pengembangan, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan model, uji lapangan. Instrumen yang digunakan angket dan lembar observasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil validasi ahli materi dari aspek pembelajaran dan materi termasuk kategori sangat baik (rerata 3,5); validasi ahli media menunjukkan bahwa aspek tampilan dan media termasuk kategori sangat baik (rerata 3,6 dan 3,1); hasil ujicoba lapangan menunjukkan bahwa aspek pembelajaran, materi dan media  termasuk kategori sangat baik (rerata 3,32). Perolehan presentase respon siswa terhadap multimedia gambar sebesar 85% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan rerata penilaian tersebut, maka modul matematika yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa Sekolah SMP.

 

Kata kunci: modul, realistik


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.