HUBUNGAN SUMBER BELAJAR, MINAT BELAJAR, DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) sumber belajar; (2) minat belajar; (3) kepercayaan diri; (4) sumber belajar dan minat belajar; (5) sumber belajar dan kepercayaan diri; (6) minat belajar dan kepercayaan diri; (7) sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri belajar terhadap prestasi belajar matematika; dan (8) untuk mengetahui pengaruh sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Buluspesantren tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 448 orang dengan sampel sebanyak 112 orang. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, homogenitas, linearitas, dan keberartian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (1) sumber belajar; (2) minat belajar; (3) kepercayaan diri; (4) sumber belajar dan minat belajar; (5) sumber belajar dan kepercayaan diri; (6) minat belajar dan kepercayaan diri dan (7) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika: (8) persamaan regresi: Ŷ= , yang artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh sumber belajar, minat belajar, dan kepercayaan diri.
Kata kunci: sumber belajar, minat belajar, kepercayaan diri, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.