PENERAPAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH BERBASIS BUDAYA

Gita Kencanawaty, Ari Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika diintergrasikan dengan budaya lokal suatu daerah. Metode penelitian ini adalah survey eksploratif dengan teknik samping menggunakan purposive sampling. Lokasi penelitian yaitu SMPN 12 Ciseureh Kahuripan yang merupakan salah satu pilot project sekolah berbasis budaya yang ada di Kabupaten Purwakarta. Hasil penelitian ini adalah kita dapat mengetahui bahwa matematika dapat diajarkan menggunakan budaya yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Etnomatematika merupakan keilmuan yang mengaitkan antara  budaya dengan matematika diharapkan akan meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya serta siswa dapat mengetahui fungsi dan kegunaan dari matematika dalam perspektif budaya

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.