RESPON SISWA SMK KELAS X DALAM MENYELESAIKAN SOAL MASALAH MATEMATIKA

Siti Rodiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa SMK kelas X dalam  menyelesaikan soal masalah matematika berdasarkan level respon siswa. Respon itu sendiri adalah  tanggapan atau reaksi seorang individu atau kelompok yang telah diberi rangsangan sebelumnya. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK kelas X. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing / verification. Berdasarkan hasil penelitian secara umum respon siswa dalam menyelesaikan soal masalah matematika adalah sebagai berikut: Level respon siswa prastructural: Siswa dalam mengerjakan soal masalah matematika hanya menuliskan hal yang diketahui dari permasalahan matematika yang diberikan, Siswa tidak memahami masalah dan tidak tau apa yang harus dikerjakan, siswa menolak memberi jawaban. Level respon siswa Unistructural: siswa sudah memahami masalah dan sudah mengerti apa yang harus dikerjakan. Tetapi dalam menyelesaikan soal masalah matematika hanya menggunakan satu proses penyelesaian. Level respon siswa Multistructural: siswa sudah memahami masalah dan sudah mengerti apa yang harus dikerjakan, siswa dalam menyelesaikan soal masalah matematika menggunakan dua proses penyelesaian. Level respon yang telah dicapai oleh siswa di SMK TKM kelas X tersebut hanya sampai level respon Multistructural.

Kata kunci: respon siswa, masalah matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.