PERAN POLA ASUH ORANG TUA DEMOKRATIS DALAM PENGUASAAN ARITMATIKA SOSIAL PADA SISWA SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh orang tua demokratis dalam penguasaan aritmatika sosial pada siswa kelas V SD tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan pada siswa SD kelas V. Siswa dikatakan masuk dalam kategori kelompok tinggi ketika siswa dapat menangkap semua dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua. Siswa dikatakan masuk dalam kategori kelompok sedang ketika siswa belum dapat menangkap semua dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua. Siswa dikatakan masuk dalam kategori kelompok rendah ketika siswa tidak dapat menangkap semua dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu data reduction, data display danconclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa orang tua mampu menjelaskan secara detail kepada siswa ketika mengajarkan tentang aritmatika sosial tetapi siswa belum dapat menangkap semua dari penjelasan yang diberikan oleh orang tua sehingga ketika siswa mengerjakan soal aritmatika sosial kurang mampu dalam menyelesaikannya, oleh karena itu membuat siswa masuk dalam kategori kelompok sedang. Tetapi cara orang tua dalam mengajarkan aritmatika sosial membuat siswa lebih mudah dalam memahami khususnya pada materi pecahan karena orang tua bisa membimbing dan menggunakan cara yang mudah dipahami.
Kata kunci: pola asuh orang tua demokratis, penguasaan aritmatika sosial
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.