STUDI KOMPARASI SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Maria Neri Murjiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti bimbingan di Lembaga bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan di Lembaga bimbingan belajar tahun pelajaran 2016/2017.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari 5 butir soal uraian tentang luas dan keliling lingkaran.yang telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji-t penghitungan statistik parametris dengan rumus t-tes Polled Varians dan taraf signifikansi 5% yang sebelumnya telah memenuhi syarat sampel diambil secara acak, normal, dan homogen.Hasil penelitian menujukkan bahwa bahwa rata-rata hasil pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbel = 67,29 dan rata-rata hasil pemahaman konsep matematika siswa yang tidak mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbel = 64, dengan n1 = 32 dan n2 = 65 didapat t hitung = 0,36. Dengan taraf signifikansi α = 5% dan dk = 95, diperoleh t0,05;95 = 1,985; dengan demikian thitung> t0,05;95 disimpulkan terdapat perbedaan tingkat pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbel dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan di Lembaga Bimbel.

 

Kata kunci: bimbingan belajar, pemahaman konsep matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.