KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS

Tatik Liana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam penyelesaian masalah matematis pada pokok bahasan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil observasi, hasil tes, dan hasil rekaman suara serta dokumentasi sebagai pendukung. Tahapan analisa data yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Dari penelitian diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam penyelesaian masalah matematis adalah sebagai berikut: (1) Siswa mempunyai kemampuan penguasaan konsep dan mampu meng­aplikasikan konsep dalam menyelesaikan masalah matematika, (2) siswa mempunyai kemampuan berpikir rasional atau beralasan, (3) siswa mempunyai kemampuan berpikir reflektif, (4) siswa mempunyai kemampuan pemahamanterhadap permasalahan..

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, penyelesaian masalah matematis


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.