HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGOMBOL

Eka Dianti Oktaviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan an­­­­ta­ra disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika, cara belajar mate­ma­ti­ka terhadap prestasi belajar matematika, serta disiplin belajar dan cara belajar ma­te­­­­ma­ti­ka terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah pene­li­ti­an asosiatif, populasi penelitian yakni semua siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Ke­ca­matan Ngombol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple ran­dom sam­­­­pling diambil sebanyak 35 siswa. Instrumen pengumpulan data meng­gunakan ang­­ket dan tes. Analisis da­ta da­lam pe­nelitian ini menggunakan statistik para­me­trik yaitu dengan meng­gu­na­kan ko­relasi Pro­duct Moment dan Korelasi Ganda yang sebelumnya sudah diuji nor­ma­litas dan homogenitasnya. Hasil analisis data statistik parametrik menunjukkan bahwa ada hubungan se­­­be­sar yang signifikan dari disiplin belajar terhadap prestasi be­la­jar matematika, ada hubungan se­be­sar yang signifikan dari cara be­­­lajar mate­ma­ti­ka terhadap prestasi be­la­jar matematika, serta ada hubungan se­be­­­sar yang signifikan dari disiplin belajar dan cara belajar mate­ma­­­ti­ka terhadap prestasi be­la­jar matematika.

 

Kata kunci: disiplin belajar, cara belajar matematika, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.