HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN CARA BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGOMBOL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika, cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, serta disiplin belajar dan cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, populasi penelitian yakni semua siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Ngombol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling diambil sebanyak 35 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik yaitu dengan menggunakan korelasi Product Moment dan Korelasi Ganda yang sebelumnya sudah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil analisis data statistik parametrik menunjukkan bahwa ada hubungan sebesar yang signifikan dari disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika, ada hubungan sebesar yang signifikan dari cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika, serta ada hubungan sebesar yang signifikan dari disiplin belajar dan cara belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: disiplin belajar, cara belajar matematika, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.