PENINGKATAN PERSEPSI DAN KETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMPN 25 PURWOREJO MELALUI MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING

Esti Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan persepsi dan ketrampilan pemecahan masalah matematika melalui model CPS. Jenis penelitian ini PTK, tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3x pertemuan. Subyek penelitian ini siswa kelas VIII-B SMPN 25 Purworejo. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukan model CPS meningkatkan persepsi yaitu objek, registrasi dan interpretasi, perhatian, dan umpan balikmenjadi baik dan meningkatkan pemecahan masalah yaitu siswa memahami, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali. Sedangkan hasil penelitian kuantitatif meningkatkan (1) persepsi yaitu rerata observasi siklus I sebesar 63,54% dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 77,08% dengan kategori baik. Rerata angket siklus I sebesar 63,96% dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 77,17%. (2) pemecahan masalah yaitu tes siklus I sebesar 64,03% dengan kategori ciukup dan siklus II meningkat menjadi 77,42%.

 

Kata kunci: persepsi, pemecahan masalah, CPS


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.