HUBUNGAN PERSEPSI SISWA DAN FAKTOR LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Meilia Puspa Rani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa dan faktor lingkungan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-kecamatan Gombong tahun pelajaran 2016/2017 . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri se-kecamatan Gombong yang berjumlah 658 siswa. Pengambilan sampel menggunakan propotionate random sampling diambil sebanyak 66 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket, metode dokumentasi, dan metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket persepsi siswa, angket faktor lingkungan, dan soal tes prestasi belajar matematika siswa. Statistik uji yang digunakan untuk menguji hipotesis  menggunakkan statistik parametrik yaitu korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil pengolahan data diperoleh Fhitung= 1,4928 dan Ftabel= 3,2945; karena Fhitung < Ftabel Ha diterima, hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara persepsi siswa dan faktor lingkungan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri se-kecamatan Gombong tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: persepsi siswa, faktor lingkungan, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.