PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNH (STRUCTURED NUMBERED HEADS) BERBASIS PROBLEM SOLVING

Esti Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal dan disposisi matematis  dengan menggunakan model pembelajaran SNH berbasis problem solving pada siswa kelas VIII G semester 1 MTs Negeri Loano tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dari analisis kualitatif komunikasi interpersonal dan disposisi matematis menunjukkan bahwa sebagian siswa yang awalnya belum mau memulai hubungan (diskusi) dengan kelompok yang telah di bentuk, sebagian siswa belum mau mendengarkan pendapat teman, ketika menyampaikan pendapat arah pandangan mata beberapa siswa belum tertuju pada lawan berbicaranya, beberapa siswa kurang percaya diri dalam menyelesaikan lembar diskusi, beberapa siswa belum tertarik dan belum timbul rasa ingin tahu terhadap lembar diskusi, sebagian siswa belum mau membuat kesimpulan materi di buku tulis dan siswa belum menuliskan simbol-simbol matematika dengan benar. Sedangkan di siklus II banyak siswa sudah dapat memulai hubungan (diskusi) dengan kelompok yang telah di bentuk, banyak siswa yang mau mendengarkan pendapat teman, ketika menyampaikan pendapat arah pandangan mata siswa sudah tertuju pada lawan berbicaranya, siswa sudah percaya diri dalam menyelesaikan lembar diskusi, siswa sudah tertarik dan timbul rasa ingin tahu terhadap lembar diskusi, siswa sudah mau membuat kesimpulan materi di buku tulis dan siswa sudah menuliskan simbol-simbol matematika dengan benar. Hasil penelitian dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SNH berbasis problem solving dapat meningkatkan komunikasi interpersonal yakni di siklus I 68,96% dan pada siklus II 73,43%. Sedangkan untuk disposisi matematis pada siklus I sebesar 68,59% meningkat pada siklus II yaitu 73,83%.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal, disposisi matematis, Structured Numbered Heads, Problem Solving

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.