PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PRESTASI SISWA MELALUI PQ4R TERHADAP SISWA KELAS VIII-A MTs MA’ARIF GIWANGRETNO

Moch Danu Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII-A MTs Ma’arif Giwangretno. (2) apakah penerapan strategi  PQ4R dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII-A MTs Ma’arif Giwangretno. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan metode tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) dengan menggunakan stategi PQ4R pemahaman konsep siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Giwangretno meningkat. (2) dengan menggunakan stategi PQ4R prestasi belajar  siswa kelas VIII A MTs Ma’arif Giwangretno meningkat. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendai bahwa pembelajaran  metematika dengan mengunakan strategi PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa kelas VIII-A MTs Ma’arif Giwangretno 2016/2017.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran PQ4R, prestasi belajar, pemahaman konsep

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.