POLA ASUH ORANG TUA PADA ANAKNYA YANG BERKEBUTUHAN KHUSUS DAN BERPRESTASI DALAM BELAJAR MATEMATIKA

Sri Mulyati Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pola asuh orang tua pada anaknya yang berkebutuhan khusus dan berprestasi dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan desain penelitian fenomenologi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa berkebutuhan khusus SLB Muhammadiyah Purworejo yang berprestasi dalam pembelajaran matematika. Teknik pengambilan subjek menggunakan snowball sampling. Instrumen pengumpulan data yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu berupa panduan observasi, panduan angket, dan panduan wawancara yang sudah divalidasi oleh dua validator. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari penelitian tersebut diperoleh pola asuh orang tua pada anaknya yang berkebutuhan khusus dan berprestasi dalam belajar matematika yaitu: (1) kontrol terhadap anak yang fleksibel, (2) terjadi komunikasi dua arah antara anak dan orang tua, (3) orang tua tidak memberikan hukuman sesuai dengan kesalahan yang dilakukan anak, (4) orang tua tidak memaksakan disiplin kepada anak. Orang tua juga memahami kondisi anak.

 

Kata kunci: pola asuh orang tua, prestasi belajar matematika, anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.