EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN TSTS DAN CRH TERHADAP KERJASAMA BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Yuniyarsih Yuniyarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah model pembelajaran TSTS memberikan kerjasama belajar dan pemahaman konsep matematika yang lebih baik dari model pembelajaran CRH pada siswa kelas VIII SMP N 23 Purworejo. (2) Apakah pembelajaran dengan model pembelajaran TSTS efektif digunakan pada siswa kelas VIII SMP N 23 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep siswa. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji multivariat dan dilanjutkan uji univariat secara terpisah. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan: (1) Kerjasama Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran TSTS tidak lebih baik dari Kerjasama Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan menggunakan model pembelajaran CRH, (2) pembelajaran dengan model TSTS tidak efektif digunakan pada siswa kelas VIII SMP N 23 Purworejo.

 

Kata kunci: Kerjasama Belajar, Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.