PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DI SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media puzzle. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN Tegalrejo 02 Salatiga tahun 2017 yang berjumlah 37 siswa. Model yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan dengan media puzzle. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan ketuntasan belajar dengan KKM ≥67 terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yakni dari 70,2%:91,8%. Hasil belajar berdasarkan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus 2 yakni dari 77,6:85,3.PTK ini dikatakan berhasil, yang ditunjukkan oleh besarnya persentase siswa yang mencapai KKM ≥67, mencapai 85,3% lebih tinggi dari 80% jumlah siswa yang telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan PTK.
Kata kunci: hasil belajar, TGT, media Puzzle
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.