PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Muhammad Eko Sugiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Purworejo. Sampel penelitian yaitu kelas VII D dan kelas VII E. Pada pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yaitu soal tes berjumlah 20 soal. Soal tes telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Berdasarkan analisis data dengan uji-t diperoleh thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan soal cerita matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: Numbered Heads Together, ekspositori, pemecahan soal cerita

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.