HUBUNGAN INTENSITAS MENONTON TELEVISI TERHADAP TINGKAH LAKU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X

M. Syukron As Sabani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas menonton televisi dengan tingkah laku, hubungan intensitas menonton televisi dengan prestasi belajar matematika dan hubungan tingkah laku dengan prestasi belajar matematika. Intensitas menonton televisi dalam penelitian ini adalah ukuran baik-buruknya menonton televise bukan dilihat dari ukuran tinggi-rendahnya dalam menonton televisi yang dapat dilihat dari indikator intensitas menonton televisi.   Populasinyaadalahseluruhsiswakelas X SMK Kesehatan Purworejo berjumlah 92 orang dengan sampel sebanyak 75 orang dan menggunakan teknik sampling insidental. Teknik pengambilan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan korelasi Kendal tau dan uji signifikansi menggunakan uji𝑧. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) intensitas menonton televisi dengan tingkah laku yaitu 𝜏=0,184; (2) intensitas menonton televise dengan prestasi belajar matematika yaitu𝜏=0,193; (3) tingkah laku dengan prestasi belajar matematika yaitu𝜏=0,336.

Kata kunci: intensitas menonton televisi, tingkah laku, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.