HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA, MINAT BELAJAR, DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua, minat belajar, dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Salaman. Sampel dalam penelitian ini 115 siswa dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Data dianalisis menggunakan regresi, dan korelasi. Kesimpulan dalam penelitian ini: pola asuh orang tua, minat belajar, kesiapan dan prestasi belajar matematika; dan ada hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar matematika (2) minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; (3) kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (4) pola asuh orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika; (5) minat dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (6) pola asuh orang tua dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika; (7) pola asuh orang tua, minat belajar, dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar matematika tetapi tidak signifikan.
Kata kunci: pola asuh orang tua, minat belajar, kesiapan belajar, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.