ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA SMP BERDASARKAN TEORI VAN HIELE DITINJAU DARI GENDER

Isnaeni Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat berpikir siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele berdasarkan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berjenis studi kasus, yaitu menganalisis tingkat berpikir geometri menurut teori Van Hiele. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts N Purworejo yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti, tes geometri, dan pedoman wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat berpikir siswa kelas VII MTs N Purworejo menacapai level 1 (analisis) baik untuk siswa laki-laki maupun perempuan, dimana siswa mampu: (1) mengenali bentuk bangun yang diberikan dan menyebutkan nama dari bangun, (2) menyebutkan sifat-sifat bangun datar yang diberikan.

Kata kunci: tingkat berpikir, Van Hiele, Geometri


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.