EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARANSSCSTERHADAP KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJARMATEMATIKA SISWA

Detik Agustin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidisposisi matematis siswa dan prestasi belajar matematika siswayang menggunakan model pembelajaran SSCS akan lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Karanganyar tahun pelajaran 2016/ 2017 yang terdiri dari delapan kelas dengan jumlah siswa sebanyak 256 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 64 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalahcluster random sampling.Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Pengujian prasyarat menggunakan uji Lilliefors untuk pengujian normalitas dan uji Bartlett untuk pengujian homogenitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji beda rataan multivariat, kemudian tindak lanjut dari statistik multivariat dilakukan uji univariat.Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa kemampuan disposisi matematis siswa dan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran SSCS lebih baik daripada model pembelajaran ekspositori.

Kata kunci: model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, and Share), disposisi matematis, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.