MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI BERBASIS REACT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS
Abstract
artikulasi berbasis REACT dapat meningkatkan komunikasi matematis tulis dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII C SMP Negeri 1 Pejagoan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pemberian tes, angket, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran artikulasi berbasis REACT dapat meningkatkan komunikasi matematis tulis dan disposisi matematis siswa. Pada siklus I menghasilkan rata-rata tes komunikasi matematis tulis dari 19,687, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 4,813 menjadi 24,500. Sedangkan angket disposisi matematis siswa pada siklus I mencapai persentase 60,208%, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 15,833% menjadi 76,041%.
Kata kunci: komunikasi matematis, disposisi matematis, artikulasi berbasis REACT
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3347
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.