HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR, TASK COMMITMENT, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara (1) disiplin belajar; (2) task commitment; (3) kemandirian belajar; (4) disiplin belajar dan task commitment; (5) task commitment dan kemandirian belajar; (6) disiplin belajar dan kemandirian belajar; (7) disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 414 orang dengan sampel sebanyak 104 orang. Pengambilan sampel dengan teknik proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, homogenitas, linearitas, dan keberartian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara (1) disiplin belajar; (2) task commitment; (3) kemandirian belajar; (4) disiplin belajar dan task commitment; (5) task commitment dan kemandirian belajar; (6) disiplin belajar dan kemandirian belajar; dan (7) terdapat hubungan yang positif dan tidak signifikan antara disiplin belajar, task commitment, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: disiplin belajar, Task Commitment, kemandirian belajar, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.