PENINGKATAN KEMAMPUAN VISUAL-SPASIAL DAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE BERBANTUAN WINGEOM PADA KELAS VIII D

Novia Sukenti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) kemampuan visual-spasial dan (2) prestasi siswa melalui model pembelajaran pictorial riddle berbantuan media wingeom pada siswa kelas VIII D SMP N 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa tes yang terdiri dari tes kemampuan visual-spasial dan tes prestasi serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif untuk menganalisis lembar keterlaksanaan pembelajaran dan data kuantitatif untuk menganalisis tes kemampuan visual-spasial dan prestasi siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) persentase kemampuan visual-spasial siswa pada siklus I sebesar 46,88% meningkat menjadi 68,75% pada sisklus II, (2) persentase ketuntasan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 59,38% meningkat menjadi 78,13% pada siklus II.

 

Kata kunci: kemampuan visual-spasial, prestasi siswa, pictorial riddle, wingeom


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.