STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA METODE MAKE A MATCH DAN METODE TAKE AND GIVE

Ardiyanti Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIA dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Take and Give pada Madrasah Aliyah Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA Madrasah Aliyah Negeri Purworejo berjumlah 93 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA-1 dan kelas XI MIA-2 yang keduanya berjumlah 62 siswa. Pada pengambilan sampel menggunakan teknik sampling Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes berjumlah 30 soal. Soal tes mengenai prestasi belajar matematika telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t untuk hasil thitung = 11,357 sedangkan untuk ttabel = 1,6707, sehingga thitung DK. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran Take and Give pada materi Matriks siswa kelas XI MIA Madrasah Aliyah Negeri Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: Make a Match, Take and Give, prestasi belajar, matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.