KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TES PILIHAN GANDA, TES JAWABAN SINGKAT, DAN TES JAWABAN TERSTRUKTUR SISWA KELAS VII SMP N SE KECAMATAN KALIKAJAR¬

Zuli Purwanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, dan tes jawaban terstuktur siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Kalikajar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel dari penelitian ini 75 siswa, teknik sampling yang digunakan  propotio­na­te random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah tes. Untuk menganalisis data digunakan uji t dan anava satu jalan. Dari ha­­sil penelitian di­peroleh bahwa terdapat  perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Tahun Pelajaran 2015/2016 pada pokok bahasan bilangan bulat  yang diukur dengan menggunakan tes pilihan ganda, yang menggunakan tes jawaban, dan yang menggunakan tes jawaban terstuktur.

 

Kata kunci: hasil belajar matematika, tes pilihan ganda, tes jawaban singkat, tes jawaban terstruktur

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.