STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MEA DAN PROBING PROMPTING DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Thingking Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain the matching static group comparison design (rancangan statis dengan pemadanan). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan diperoleh  dengan  dan . Hal ini menunjukan . Oleh karena itu,  DK sehingga  ditolak, yang mengakibatkan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran MEA lebih baik daripada model pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: MEA, Probing Prompting, pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.