STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ANTARA MODEL PAKEM DAN BRAINSTORMING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa dengan model PAKEM lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Brainstorming pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap model pembelajaran yang baik. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII semester II SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII-B dan kelas VIII-A dengan siswa sebanyak 64 siswa dan masing-masing kelas 32 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelas yang dikenai PAKEM (VIII-B) dan kelas yang dikenai Brainstorming (VIII-A). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika, angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan analisi data kualitatif. Hasil perhitungan data kuantitatif diperoleh dan sehinggamaka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga prestasi belajar siswa dengan model PAKEM lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Brainstorming pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Purworejo serta hasil data kualitatif didapat persepsi siwa baik terhadap model PAKEM, karena siswa diberi kebebasan untuk menyampaikan ide-ide yang mereka dapatkan melalui diskusi, dan LKS sebagai bahan untuk memepermudah siswa memahami materi pelajaran.
Kata kunci: PAKEM, brainstorming, prestasi belajar, persepsi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3324
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.