PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Irma Leticia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemudian mengetahui penalar­an matematis dalam me­nye­le­­sai­kan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini pene­litian kualitatif studi kasus. Subjek dalam peneli­ti­an ini 8 siswa. Tek­nik pemilihan subjek sumber data yang di­gunakan adalah tek­nik purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Teknik pe­ngum­pulan data meng­gu­na­kan metode pem­berian soal tes non rutin, catatan lapangan, wa­wan­­ca­ra dan dokumentasi. Tek­nik pe­ngolahan data melalui tiga alur yaitu reduksi data, pe­nya­jian da­ta, dan penarikan ke­sim­pulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penalaran matematis dalam menyelesai­kan ma­salah matematika tentang soal non rutin pokok bahasan pola bilangan yaitu sis­wa dapat me­nganalisis pola dan struktur keberaturan sesuai dengan bentuk dan su­su­nan pola yang di­berikan dengan cara termenung, kemudian mengajukan dugaan dan memfokuskan pada yang diketahui dan yang ditanyakan. Selain itu, subjek mam­pu  menuliskan susunan pola ke-n de­ngan cara kelipatan dan menggambarkan secara ma­nu­al pada pola ke-n. Tetapi dalam menarik kesimpulan siswa kurang teliti se­hing­ga menjadi kurang tepatnya jawaban siswa.

 

Kata kunci: penalaran matematis, masalah matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.