PENALARAN MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemudian mengetahui penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini 8 siswa. Teknik pemilihan subjek sumber data yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan bersifat snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pemberian soal tes non rutin, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penalaran matematis dalam menyelesaikan masalah matematika tentang soal non rutin pokok bahasan pola bilangan yaitu siswa dapat menganalisis pola dan struktur keberaturan sesuai dengan bentuk dan susunan pola yang diberikan dengan cara termenung, kemudian mengajukan dugaan dan memfokuskan pada yang diketahui dan yang ditanyakan. Selain itu, subjek mampu menuliskan susunan pola ke-n dengan cara kelipatan dan menggambarkan secara manual pada pola ke-n. Tetapi dalam menarik kesimpulan siswa kurang teliti sehingga menjadi kurang tepatnya jawaban siswa.
Kata kunci: penalaran matematis, masalah matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.