PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara: motivasi belajar dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII MTs Negeri Bener Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif, populasi penelitian yakni semua siswa kelas VIII MTs Negeri Bener. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate stratified random sampling diambil sebanyak 89 siswa. Instrumen menggunakan angket dan lembar observasi yang sudah divalidasi dan diujicobakan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik yaitu dengan menggunakan korelasi Product Moment dan Korelasi Ganda yang sebelumnya sudah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil analisis data statistik parametrik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif sebesar tetapi tidak signifikan dari motivasi belajar dan interaksi sosial terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: motivasi belajar, interaksi sosial, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i1.3320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.