PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Budi Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan mengetahui peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas VII F SMP Negeri 13 Purworejo setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT). Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VII F dengan jumlah 32 anak. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur tindakan kelas dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi serta metode tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi motivasi, angkat motivasi, dan tes tertulis yang telah di uji dan memenuhi syarat validitas. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hal ini ditunjukkan persentase rerata motivasi belajar matematika siswa 71,42% pada siklus I, meningkat menjadi 79,49% pada siklus II. Hasil tes tertulis dengan rerata 69,34 dan ketuntasan belajar mencapai 56.25% pada siklus I, meningkat pada siklus II dengan rata-rata mencapai 76,09 dan ketuntasan belajar mencapai 78,12%. Dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII F SMP N 13 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci:   motivasi belajar, prestasi belajar , TGT


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.