PENERAPAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA MTs
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, terdiri dari 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Komunikasi matematis lisan di siklus I sebesar 66,07% siswa masih malu bertanya dan berpendapat meningkat di siklus II sebesar 78,57% siswa sudah berani berpendapat dan tampil percaya diri saat presentasi. Pemecahan masalah di siklus I sebesar 74,44% adanya ketidaksesuaian menuliskan apa yang diketahui maupun ditanyakan dan ada yang tidak membuat rencana penyelesaian tetapi langsung melakukan perhitungan meningkat siklus II sebesar 79,79% banyak siswa yang menuliskan diketahui maupun ditanyakan dengan tepat serta membuat rencana penyelesaian dahulu kemudian melakukan perhitungan lebih teliti. Komunikasi matematis tertulis di siklus I sebesar 72,18% siswa belum tepat menuliskan kesimpulan di akhir jawaban tes dan kesulitan membuat beragam bentuk soal maupun menyelesaikan soal buatan kelompok lain meningkat di siklus II sebesar 78,75% siswa mampu menuliskan kesimpulan dengan tepat dan mengalami kemajuan membuat soal serta dapat menyelesaikan soal buatan kelompok lain.
Kata kunci: Group Investigation, Problem Posing, pemecahan masalah, komunikasi matematis
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.