PENALARAN MATEMATIS INDUKTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN AMBAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penalaran matematis induktif siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ambal. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara dan observasi. Tahapan analisa data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Secara umum penalaran matematis induktif siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ambal sudah baik. Pertama, siswa mampu melakukan analogi berupa keserupaan besar dan jenis sudut dari dua buah bangun yang berbeda. Kedua, siswa mampu menemukan pola berupa luas persegi panjang, n × (n + 1), jarak setiap bangun + 2 + banyak lingkaran, P (n), 2 × penjumlahan bangun, bangun tersebut × bangun selanjutnya dan menggunakannya untuk menyusun konjektur. Ketiga, siswa mampu memperkirakan banyak lingkaran pada bangun 4, 5, dan 7 berdasarkan bangun 1, 2, dan 3 yang diamati. Keempat, siswa mampu melakukan generalisasi berupa pola bangun ke-n yaitu n × (n + 1).
Kata kunci: penalaran matematis, induktif
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.