PENALARAN MATEMATIS INDUKTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN AMBAL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ika Nourma Endah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penalaran matematis in­­­duktif siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ambal. Jenis penelitian ini pe­nelitian deskriptif kualitatif. Subjek da­la­m penelitian ini adalah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan me­to­de tes, wawancara dan observasi. Tahapan analisa data yaitu data re­­duction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Secara umum penalaran matematis induktif siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ambal sudah baik. Pertama, siswa mampu melakukan analogi berupa ke­se­rupaan besar dan jenis sudut dari dua buah bangun yang berbeda. Kedua, siswa mampu me­ne­mu­kan pola berupa luas persegi panjang, n × (n + 1), jarak setiap bangun + 2 + banya­k ling­ka­ran, P (n), 2 × penjumlahan bangun, bangun tersebut × bangun selan­jutnya dan menggunakannya untuk menyusun konjektur. Ketiga, siswa mam­­­pu memperkirakan banyak lingkaran pada bangun 4, 5, dan 7 berdasarkan bangun 1, 2, dan 3 yang diamati. Keempat, siswa mampu melakukan ge­ne­ra­­lisasi berupa pola bangun ke-n yaitu n × (n + 1).

 

Kata kunci: penalaran matematis, induktif


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.