PENERAPAN PROBING PROMPTING UNTUK PENINGKATAN KONEKSI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 KEPIL

Anggi Prawesti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan koneksi matematis dan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran probing prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis.Padasiklus I siswa masih mengalami kesulitan dalam menghubungkan antar konsep, mengubah soal cerita ke dalam bentuk model matematikanya serta menyelesaikan soal. Siklus Imenghasilkanreratasebesar 64,93%. Siklus IIterjadi peningkatan dengan rerata 79,7% dengankategoribaik. Hasil dari siklus II  ditunjukkan dengan siswa dapat menghubungkan konsep, mampu mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematikanya serta dapat menyelesaikan soal dengan baik. Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siklus I masih kurang. Siswa masih kesulitan dalam menuliskan konsep matematika, menyatakan ulang makna atau maksud dari soal dan menuliskan prosedur penyelesaian soal dengan tepat . Siklus I menghasilkan rerata sebesar 69,73%. Siklus II terjadi peningkatan dengan rerata 79,6% dengankategoribaik. Hasil dari siklus II ditunjukkan dengan siswa sudah bisa menuliskan konsep matematika dengan benar, siswa mampu menyatakan ulang makna atau maksud dari soal dan mampu menuliskan prosedur penyelesaian soal dengan tepat.

 

Kata kunci: koneksi matematis, pemahaman konsep matematika, Probing Prompting


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.