PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 PURWOREJO

Citra Wahidahtul Janah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh: kemandirian belajar dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo sebanyak 190 siswa. Dengan menggunakan teknik Proportionate Random Sampling diambil sampel sebanyak 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Dari pengolahan data diperoleh koefisien korelasi antar variabel sebesar: 0,330; 0,300; dan 0,418 dan thitung sebesar: 2,31 dan 2,133; Fhitung sebesar: 4,764. Persamaan regresi Y = 44,691 + 0,357X1; Y = 61,281 + 0,714X2; dan Y = 40,465 + 0,317X1 + 0,641X2. Kesimpulan dalam penelitian ini ada hubungan yang positif dan signifikan: kemandiran belajar terhadap prestasi belajar matematika; kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika; kemandirian belajar dan kreativitas siswa terhadap preatasi belajar matematika.

Kata kunci: kemandirian belajar, kreativitas siswa, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i3.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.