EKSPERIMEN BERBANTUAN LKS PADA METODE PBM DAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berbantuan LKS pada metode Pembelajaran Berbasis Masalah dapat memberikan kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik daripada Penemuan Terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo yang terdiri dari 6 kelas yaitu A, B, C, D, E, dan F. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel berjumlah 2 kelas, yaitu VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes berpikir kritis matematis. Uji hipotesis menggunakan uji-t ekor kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbantuan LKS pada metode Pembelajaran Berbasis Masalah memberikan kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik daripada Penemuan Terbimbing pada siswa kelas VII SMP Negeri 36 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Penemuan Terbimbing, kemampuan berpikir kritis matematis
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.