HUBUNGAN LINGKUNGAN SEKOLAH, KESIAPAN BELAJAR DAN CARA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP DI KECAMATAN KEMIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Tri Mulyani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan sekolah, kesiapan belajar dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP di Keca­matan Kemiri. Sampel dari penelitian ini 74 siswa, teknik sampling yang digunakan  propotio­na­te random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­­to­de angket dan tes. Analisis data menggunakan korelasi dan re­gre­­si. Dari ha­­sil penelitian di­peroleh bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan: lingkungan sekolah, kesiapan belajar, cara bel­­ajar, lingkungan sekolah dan kesiapan belajar, lingkungan sekolah dan cara belajar, kesiapan belajar dan cara belajar ter­­hadap prestasi bel­ajar matematika, dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan: lingkungan sekolah, ke­siapan, dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: lingkungan sekolah, kesiapan belajar, cara belajar, dan prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.