PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT (REALTING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING,TRANSFERRING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII B SMP IT Ulul Albab Purworejo. Penelitian ini temasuk PTK yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B, dan objek penelitiannya yaitu aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 72, 59% dalam kategori cukup pada siklus I menjadi 79,81% dalam kategori baik pada siklus II. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga mengalami peningkatan dari 65,01% dalam kategori cukup pada siklus I, menjadi 79,51% dalam kategori baik pada siklus II. Dengan demikian pembelajaran matematika dengan strategi REACT dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah.
Kata kunci: strategi REACT, aktivitas belajar, kemampuan pemecahan masalah
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i2.3199
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.