IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW KOMBINASI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Andika Setia Budi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII C MTs Negeri Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan implementasi model pembelajaran Jigsaw kombinasi Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi kemampuan komunikasi matematis untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis lisan, tes evaluasi yang berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis tulis, dan catatan lapangan yang digunakan untuk memperkuat data dari lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII C MTs Negeri Purworejo. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis ini ditandai dengan siswa sudah berani untuk mengajukan pertanyaan dan juga berani untuk menyanggah pendapat teman yang belum sesuai, serta siswa sudah bisa mengubah soal uraian atau kalimat ke dalam model matematika.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, Jigsaw kombinasi NHT


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.