KETERKAITAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 31 PURWOREJO

Dian Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Purworejo. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling yang bersifat snowball sampling. Teknik pengumpul-an data yang dipakai adalah teknik observasi, teknik wawancara dan tes. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Tahapan analisa data yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Dari Hasil analisis diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan komunikasi matematis yang tinggi menghasilkan prestasi belajar yang tinggi. Siswa tersebut ketika diberi soal atau permasalahan akan berusaha menyelesaikannya sendiri dan hasilnya hampir semuanya benar. Selain itu, ketika diwawancara pun siswa tersebut mampu menjawabnya dengan tepat. Kemudian, siswa dengan kemampuan komunikasi matematis yang rendah menghasilkan prestasi belajar yang tinggi dan prestasi belajar yang rendah, siswa dengan prestasi tinggi ketika diberi soal atau permasalahan hasilnya hampir semuanya terjawab dengan benar dan siswa yang mempunyai prestasi belajar rendah ketika diberi soal hasilnya masih belum tepat, dan ketika diwawancara siswa tersebut belum bisa menjawab dengan benar dan tepat.

 

Kata kunci: komunikasi matematis, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.