PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 ADIMULYO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa dengan modelProblem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa dengan model ekspositori, (2) apakah model pembelajaran PBLefektif jika diterapkan dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Adimulyo.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Adimulyo tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data adalah metode dokumentasi, angket dan tes. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat dan uji-t. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa dengan model PBLlebih baik daripada kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran ekspositori. Sedangkan hasil dari uji efektifitas terhadap model PBL menunjukkan bahwa model PBL tidak efektif jika diterapkan dalam pembelajaran matematika di SMPN 1 Adimulyo.
Kata kunci: model pembelajaran, PBL, penalaran matematis, kemandirian belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.