PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AIR KOMBINASI TIME TOKEN PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Maryani .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Purworejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian secara kualitatif dengan penerapan model pembelajaran AIR kombinasi Time Token menunjukan bahwa untuk kemampuan pemecahan masalah, siswa telah mampu menggunakan langkah-langkah penyelesaian masalah dengan tepat. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis, siswa telah mampu menyampaikan ide atau pendapat matematisnya baik tulisan maupun lisan dengan tepat. Didukung data kuantitatif menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dari 68,75% pada siklus I meningkat menjadi 78,04% pada siklus II. Sedangkan untuk kemampuan komunikasi matematis terdapat peningkatan dari 68,85% pada siklus I meningkat menjadi 80,03% pada siklus II.

 

Kata kunci: AIR , Time Token, pemecahan masalah, komunikasi matematis


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.