PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PENDEKATAN MATHEMATICAL DISCOURSE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan mathematical discourse. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi dan tes. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian ini dilihat dari observasi dan tes menunjukkan bahwa pada siklus I siswa dari tadinya kurang berani mengungkapkan ide-ide matematika, di siklus II siswa sudah berani mengungkapkan ide-ide matematika. Selain itu, siswa yang kurang paham dalam membuat model-model matematika dalam siklus I, di siklus II menjadi lebih paham untuk membuat model-model matematika. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan tes komunikasi matematis persentasenya mencapai 73,07% pada siklus I meningkat menjadi 78,78% pada siklus II. Sedangkan dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh persentasenya mencapai 46,15% pada siklus I meningkat menjadi 72,72% pada siklus II. Dilihat dari jawaban tes siswa pada siklus I dari yang tadinya tidak menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah, di siklus II siswa sudah bisa memahami suatu permasalahan dan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah. Pembelajaran model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan mathematical discourse dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci: komunikasi matematis, kemampuan pemecahan masalah matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v24i1.3183
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.