PENINGKATAN MINAT, KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII A SMP PGRI BAGELEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan minat siswa, (2) keaktifan siswa dan (3) prestasi belajar siswa kelas VIIA SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIIA SMP PGRI Bagelen tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 28 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran Think Pair Share, lembar angket minat, soal tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan 1) minat siswa yaitu pada siklus I sebesar 75,25% kemudian meningkat menjadi 85,96 % pada siklus II, 2) keaktifan siswa yaitu pada siklus I sebesar 73,74 % meningkat menjadi 82,74 % pada siklus II, 3) prestasi belajar matematika pada siklus I sebesar 53,57 % meningkat menjadi 78,57 % pada siklus II.
Kata kunci: minat, keaktifan, prestasi belajar, Think Pair Share
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.